Cara Menghentikan Mengigau (Berbicara Saat Tidur)


Apakah anda mengigau saat tertidur? Apakah anak-anak anda sering mengigau pada saat tidur? Mengigau adalah masalah umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Apa yang menyebabkan fenomena ini dan apa pengobatan terbaik untuk mengigau (Berbicara saat tidur)?

Apa Penyebab Mengigau? Mengigau adalah suatu bentuk masalah tidur yang dikenal sebagai parasomnia yang juga merupakan gangguan tidur seperti berjalan sambil tidur,anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, gigi menggiling, dan sindrom kaki gelisah. Tidak ada yang tahu persis apa penyebab beberapa orang mengigau, tetapi mungkin saja hal ini terkait dengan faktor-faktor fisik dan psikologis, termasuk kekurangan gizi, stres, dan kurang tidur.

Orang lebih cenderung untuk berbicara saat tidur ketika mereka mengalami demam tinggi atau sakit. Jenis obat tertentu juga bisa membuat orang mengigau, terutama obat yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti depresi atau skizofrenia dan obat nyeri. Alkohol juga bisa membuat anda lebih mudah mengigau.

Stres merupakan faktor yang menyebabkan beberapa orang mengigau selama tidur. Orang dewasa sering mengigau jika stress dan mengigaunya menghilang ketika stres/masalahnya terselesaikan. Mengigau tampaknya juga turunan dari orang, jadi jika ibu dan ayahmu mengigau selama tidur, ada kemungkinan besar bahwa anda juga akan mengigau.

Jika anda tidak ingin suami atau istri anda tahu pikiran-pikiran terdalam anda, saat anda mengigau, hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan anda cukup tidur. Waktu tidur yang sedikit atau kurang tidur meningkatkan resiko mengigau.

Jangan mengkonsumsi kafein dan alkohol. Temukan aktivitas yang membantu Anda menghadapi stres yang lebih baik seperti yoga atau meditasi. Olahraga yang teratur juga bermanfaat.

Mengigau saat tidur biasanya tidak berbahaya dan jarang menunjukkan masalah kesehatan yang serius, tetapi bisa berarti anda perlu untuk tidur lebih banyak dan jangan terlalu stress.


5 Responses to "Cara Menghentikan Mengigau (Berbicara Saat Tidur)"

  1. bagaimana caranya menghilangkan stress?!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Stresss....obatnya iman dan takwa (roma irama mode on)

    ReplyDelete
  5. @ ariyadisini: hehehehehe, bener tuh sob, saya setuju dengan pendapat Anda, ^_^

    ReplyDelete