Apa itu Analgesik, Apa Kegunaannya?

Beberapa orang bertanya apa sih Analgesik? Apa kegunaan Obat Analgesik? Kata analgesik sendiri berasal dari bahasa Yunani an- ("tanpa") dan algos ("sakit"). Jadi, Analgesik adalah zat kimia yang digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit. Analgesik berkerja dalam berbagai cara dengan menekan sistem saraf perifer dan pusat, lalu mengubah persepsi tentang kesakitan.
Analgesik biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita nyeri atau ingin meredakan rasa sakit, untuk memberikan rasa nyaman pada si penderita. Analgesik terdiri dari dua jenis, yaitu:

  •  Narkotika: Analgesik jenis ini  berkerja pada sistem saraf pusat dan menyebabkan Ketidakpekaan terhadap nyeri, pingsan/ketidaksadaraan dan tidur. Kerugian terbesar obat analgesik jenis ini adalah menyebabkan kecanduan kepada penggunanya. Contoh: Kodein, Methadone, Morfin, Morfin diasetat (heroin), dll.
  • Non-narkotika: Obat Analgesik ini tidak memiliki efek sehebat narkotik dalam hal mengurangi rasa sakit, akan tetapi obat ini tidak menimbulkan efek kecanduan. Obat ini juga memiliki efek antipiretik (menurunkan suhu tubuh). Contoh: Aspirin, Novalgin, Analgin, naproxen, ibuprofen, dll.
Jadi anda tidak bingung lagi apa yang disebut dengan Analgesik, yang tepenting jangan mengkonsumsi melebihi dosis yang ditentukan, karena dapat menyebabkan efek samping.