Timbunan Kolesterol pada Kelopak Mata (Xanthelasma)

Kadar kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Kolesterol dapat menumpuk pada bagian tubuh, tapi ada hal menarik yang perlu anda ketahui bahwa kolesterol juga bisa menumpuk pada daerah kelopak mata dan daerah sekitarnya.

Kondisi dimana kolesterol menumpuk di bawah atau atas kelopak mata dalam dunia medis disebut Xanthelasma. Kondisi ini dapat dilihat secara langsung, Dimana terdapat benjolan berwarna kuning atau putih, berbentuk datar atau bergelombang dan lembut jika disenntuh. Selain pada mata, mereka dapat ditemukan pada, lutut siku, dan telapak tangan. Xanthelasma mungkin terlihat seperti jerawat, tetapi ketika ditekan tidak ada nanah yang keluar.    

Xanthelasma biasanya terbentuk dalam kelompok dan penyebab utama dari kondisi ini terkait dengan kelebihan kolesterol dalam tubuh, Tetapi ada banyak alasan lain yang dapat menyebabkan kondisi ini. Berikut penyebabnya:
  • Tingginya kadar kolesterol LDL dan trigliserida dapat memicu timbunan kolesterol pada kelopak mata, khususnya pada pembuluh darah di kelopak mata.
  • Penelitian juga menyimpulkan bahwa, kondisi ini merupakan indikasi masalah mendasar lainnya yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi.
  • Dapat juga disebabkan oleh faktor genetik. Hal ini disebut sebagai hiperkolesterolemia, di mana kondisi ini turun-temurun dalam keluarga.
  • Kondisi ini juga diketahui disebabkan oleh usia yang semakin tua. Hal ini dapat terjadi secara alami, tanpa penyebab yang mendasari.
  •  Xanthomas juga dapat dikaitkan dengan gangguan metabolisme lipid.

Pengobatan terhadap kondisi dapat dilakukan dengan menjaga tingkat kolesterol yang sehat. Dokter juga dapat mempertimbangkan pilihan pengobatan lain seperti obat topikal untuk mengobati hal itu. Beberapa orang juga memilih untuk bedah kosmetik. Namun, tanpa perawatan yang tepat, kondisi ini dapat datang kembali.

Pengobatan terhadap kondisi ini harus hati-hati, karena pada kasus yang ekstrim, pembuluh darah dapat tersumbat dan menyebabkan kerusakan serius pada mata dan daerah sekitarnya. Jadi, jagalah kesehatan Anda. Hindari makan makanan yang akan meningkatkan lipid dan lemak dalam darah.